HARI PAHLAWAN 10 NOPEMBER 2023

 

Oleh :Sulasmi,S.Pd

Setiap tahunnya pada tanggal 10 November, bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan sebagai bentuk untuk menghormati dan mengenang jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan dan segala bentuk kebebasan milik tanah air.
Hari Pahlawan menjadi momen penting bagi seluruh warga Indonesia untuk memupuk semangat nasionalisme serta patriotisme yang ada dalam diri. Namun, bagaimana sebenarnya Hari Pahlawan Nasional ditetapkan pada 10 November dan tema seperti apa yang diusung pada tahun 2023? Simak ulasannya!

Sejarah Hari Pahlawan 10 November 2023
Meskipun Indonesia telah memproklamasikan kemerdekaannya, namun keadaan pemerintah Indonesia saat itu belum bisa dikatakan stabil. Kekalahan yang diperoleh Jepang di Perang Dunia II membuat Jepang dipukul mundur tentara Inggris yang kembali datang ke Indonesia.

tragedi di Surabaya ini merupakan perang yang melibatkan tentara Inggris dengan para pejuang di Surabaya. Pertempuran berlangsung selama tiga hari pada tanggal 28-30 Oktober 1945 dan pada tanggal 10 November 1945.





Saat pasukan tentara Inggris datang ke Indonesia, mereka mulai membentuk suatu gabungan bernama Allied Forces Netherlands East Indies (AFNEI). Dalam gabungan ini pun Netherlands Indies Civil Administration (NICA) turut ikut serta. Para pasukan Inggris dan Belanda ini datang bertujuan untuk menyingkirkan kekuasaan, melucuti tentara Jepang, dan membebaskan tawanan yang ditahan oleh Jepang.

Kedatangan mereka mulai memicu api kemarahan saat Belanda secara diam-diam ingin kembali menjajah Indonesia. Bagi masyarakat Indonesia, terutama warga Surabaya hal ini dirasakan telah melecehkan kemerdekaan Indonesia. Sejak saat itu gencatan senjata antara kedua belah pihak mulai dilayangkan.


Situasi mulai memanas ketika pemimpin Jawa Timur Pimpinan Tentara Inggris, Brigadir Jenderal Mallaby tewas tertembak di Jembatan Merah. Kematian Jenderal Mallaby kemudian digantikan oleh Mayor Jenderal Eric Carden Robert Mansergh yang mengeluarkan peringatan yang lebih dikenal dengan Surat Perintah 10 November 1945. Surat tersebut berisikan agar masyarakat Surabaya untuk menyerahkan diri kepada sekutu pada tanggal 10 November 1945, paling lambat pukul 06.00 WIB.

Peringatan tersebut tidak dilakukan oleh pejuang Surabaya, hingga serangan pun mulai terjadi. Tercatat korban yang tewas saat itu mencapai hampir 20 ribu masyarakat Surabaya dan 16 ribu tentara Inggris.

Sejak saat itu Hari Pahlawan Nasional diperingati setiap tanggal 10 November yang telah tercantum dalam Keputusan Presiden (Keppres) No. 316 Tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional yang Bukan Hari Libur. Keppres ini telah ditandatangani oleh Presiden Pertama, Ir. Soekarno. Selain untuk mengenang jasa para pahlawan, Keppres ini pun sebagai bentuk mengenang para pahlawan dalam tragedi di Surabaya pada 10 November 1945.

Tema Hari Pahlawan 2023
Dilansir dalam laman Kementerian Sosial (Kemensos) menjelaskan tema yang diusung tahun ini pada Hari Pahlawan Nasional yakni "Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan". Tema ini dimaksudkan untuk menjadikan semangat para pahlawan sebagai inspirasi dalam memerangi kemiskinan dengan menciptakan kesetaraan, lapangan pekerjaan, serta menginspirasi generasi bangsa untuk mendapatkan fasilitas pendidikan yang layak. Serta dalam memerangi kebodohan dengan meningkatkan kecerdasan kehidupan bangsa melalui pengetahuan dan literasi.


Upacara hari Pahlawan di pendopo kecamatan Jatikalen
LOGO PAHLAWAN MEMPUNYAI FILOSOFI
Matahari
Matahari melambangkan penerangan, mengingat bagaimana kehadirannya yang terang menerangi dunia dan memberikan harapan sama seperti pahlawan.

Saling Merangkul
Pahlawan adalah orang yang merangkul orang lain demi tercapainya tujuan bersama dan tidak hanya memikirkan diri sendiri.

Anyaman Bambu
Anyaman merupakan tradisi bangsa Indonesia yang banyak dijadikan sebagai usaha rakyat. Ini merupakan simbolisasi bagaimana ekonomi kerakyatan bisa membuat Indonesia tumbuh.


Posting Komentar untuk "HARI PAHLAWAN 10 NOPEMBER 2023"