KEGIATAN EKSTRAKURIKULER


 

EKSTRAKURIKULER

                           SMPN 2 JATIKALEN

TAHUN PELAJARAN 2023-2024

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



 

 

 

 

 

 

 

 

 


PROGRAM KERJA EKSTRAKURIKULER

1.      PENDAHULUAN

Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang berada di luar program yang tertulis di kurikulum dan umumnya pihak sekolah menyediakan waktu satu hari untuk pelaksanaan kegiatan ini. Kegiatan ekstrakurikuler sangat berguna untuk pengembangan hobi, minat dan bakat siswa pada hal tertentu. Di sisi lain, pelaksanaan kegiatan ini merupakan suatu bentuk perhatian sekolah pada siswanya agar melakukan kegiatan yang lebih positif.

Ruang lingkup kegiatan ekstrakurikuler adalah berupa kegiatan kegiatan yang menunjang dan dapat mendukung program intrakurikuler yaitu mengembangkan pengetahuan dan kemempuan penalaran siswa membina membentuk karakter siswa, ketrampilan melalui hobi dan minatnya serta mengembangkan sikap yang ada pada program intrakurikuler dan program kokurikuler.

Atas dasar inilah SMPN 2 Jatikalen, menyusun program ekstrakurikuler sebagai acuan dalam pelaksanaan kegiatan, sehingga mampu mernghasilkan peserta didik yang berkarakter, memilik keterampilan dan daya saing siswa serta memiliki kemampuan intelektual tinggi, cerdas dan pintar, namun juga memiliki nilai nilai social dan spiritual yang baik sehingga mampu bersaing sesuai dengan Visi dan Misi sekolah

Visi SMPN 2 Jatikalen

 

“TAMPIL BERDASI

BERPRESTASI, TERAMPIL, BERKARAKTER DAN BERBUDAYA LITERASI

 

Indikator

1.    Terwujudnya peserta didik yang berprestasi baik dalam bidang akademik maupun non akademik

2.    Terwujudnya lulusan yang memiliki kecakapan hidup (life skill)

3.    Terwujudnya tenaga pendidik dan kependidikan serta peserta didik yang memiliki karakter mulia

4.    Terbentuknya budaya literasi pada siswa, tenaga pendidik dan kependidikan

MISI SMPN 2 Jatikalen

1.        Mendorong warga sekolah untuk memiliki semangat dan komitmen dalam melaksanakan tugas dan kewajiban.

2.        Menumbuhkembangkan lingkungan dan perilaku religius sehingga siswa dapat mengamalkan dan mengahayati agamanya secara nyata.


3.        Mewujudkan tenaga pendidik dan kependidikan yang memiliki karakter mulia sebagai teladan bagi peserta didik

4.        Mewujudkan peserta didik yang memiliki karakter mulia melalui kegiatan-kegiatan yang positif

5.        Mewujudkan peserta didik, tenaga pendidik dan kependidikan yang berbudaya literasi

6.        Mendorng peserta didik untuk memiliki jiwa mandiri dan mampu bersaing dalam dunia industri

7.        Menfasilitasi peserta didik untuk memiliki ketrampilan sesuai dengan minat dan bakatnya

8.        Menfasilitasi peserta didik untuk mampu bersaing dalam prestasi baik dalam bidang akademik maupun non akademik

 1.      Dasar Hukum

2.      Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

3.      Pasal 3 bahwa pendidikan nasional bertujuan untuk berkembang nya potensi murid,

4.      Pasal 4 ayat (4) bahwa pendidikan di selenggarakan dengan memberi keteladanan.

5.      Pasal 12 ayat (1b) menyatakan bahwa setiap murid pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan pendididkan yang sesuai dengan bakatnya, minat, dan kemampuan

 

 

2.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 34 Tahun 2006 tentang Pembinaan Prestasi Peserta Didik yang Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa.

3.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

4.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan.

5.      Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

6.      Keputusan Kepala SMPN 2 Jatikalen

 Tentang pembagian tugas KBM dan Tugas Tambahan di SMPN 2 Jatikalen tahun pelajaran 2023/2024.

·       Tujuan

1.      Tujuan umum 

Pengembangan diri merupakan kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran sebagai bagian integral dari kurikulum sekolah. Kegiatan pengembangan diri merupakan upaya pembentukan watak dan kepribadian murid yang dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling berkenaan dengan masalah pribadi dan kehidupan sosial, kegiatan belajar dan mengembangkan karir, serta kegiatan ekstrakurikuler untuk pengembangan talenta peserta didik. Adapun tujuan pelaksanaan ektrakurikuler disekolah menurudirektorat pendidikan menengah adalah :

1.      Kegiatan ektrakurikuler harus dapat meningkatkan kemampuan siswa beraspek kognitif, afektif dan psikomotor.

2.      Mengembangkan bakat dan minat siswa dalam upaya pembinaan pribadi menuju pembinaan manusia seutuhnya yang positif.

3.      Dapat mengetahui mengenal serta membedakan antara hubungan satu pelajaran dengan mata pelajaran lainya.

2. Tujuan khusus

 Pengembangan diri yang berlandaskan ahlakul karimah dengan bertujuan menunjang pendidikan peserta didik dalam mengembangkan :

1.      Bakat

2.      Minat

3.      Kreatifitas

4.      Kompetensi dan kebiasaan dalam kehidupan

5.      Kecakapan sosial

6.      Kecerdasan emosional

7.      Kompetensi ilmiah

8.      Wawasan dan pengembangan teknologi informasi ( IT )

9.      Kemampuan pemecahan masalah

 10.  Kemandirian

 Disamping tujuan, ekstrakurikuler juga berfungsi sebagai :

 1.      Pengembangan, yaitu fungsi kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan kemampuan dan kreativitas murid sesuai denganpotensi bakat dan minat mereka

2.      Sosial, yaitu fungsi kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan kemapuan dan rasa tanggung jawab sosial peserta didik

3.      Rekreatif, yaitu fungsi kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan suasana rileks, mengembirakan, danmenyenagkan bagi murid yang menunjang proses perkembangan

4.      Persiapan karir, yaitu fungsi kegiatan eksrakurikuler untuk mengenbangkan kesiapan karir murid.

Bidang Kegiatan

 Kiegiatan Meliputi Meliputi :

1.      Ekstrakurikuler Wajib

Sesuai dengan yang di amanahkan dalam kurikulum 2013 untuk membentuk karakter peserta didik maka Pendidikan Kepramukaan dijadikan sebagai ekstrakurikuler wajib. Artinya seluruh pesrta didik diwajibkan mengikuti pendidikan ke pramukaan dan BTQ( Baca Tulis AlQuran)

2.      Ekstrakurikuler Pilihan

Untuk Ekstrakurikuler pilihan, peserta didik diberi kebebasan untuk memilih kegiatan ekstra kurikuler yang akan di ikutinya sesuai dengan minat, bakat dan keinginannya. Yaitu terdiri dari :

1.      PRAMUKA

2.      BTQ

3.      Volly Ball

4.      Drumband

5.      Menjahit

6.      PMR

 3.      Olimpiade Mata Pelajaran

1.      Matematika

2.      IPA

3.      IPS

 4.      Mandiri

Disamping eksrakurikuler yang tersedia di sekolah, siswa juga diperbolehkan mengikuti ekstrakurikuler mandiri dan tetap melaporkannya kepada sekolah.

Ekstrakurikuler tersebut seperti : Karate, Renang, Pencak Silat Tenis Lapangan dan catur.

Waktu Pelaksanaan

1.      Ekstra Kurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan

Hari                          : Sabtu ( Minggu 1 dan 3 )

Jam                           : 12.00WIB s/d 14.00 WIB

Tempat                   : Halaman SMPN 2 Jatikalen

 2.  Ekstrakurikuler Pilihan dan Olimpiade Mata Pelajaran

Hari                          : Jum’at ( Setiap Minggu kecuali hari libur dan ujian ) Jam        : 14.00 WIB s/d 16.00 WIB

Tempat                   : SMPN 2 Jatikalen

 1.      Ekstrakurikuler Mandiri

Hari, tempat dan jadwal latihan disesuaikan dengan program latihan masing masing

1.      Sasaran

2.      Terbangunnya karakter bangsa dan meningkatnya sportifitas, jiwa seni serta lestarinya nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa.

3.      Tercapainya peningkatan kreativitas siswa dalam bidang seni dan berkembangnya sikap kompetitif dalam diri siswa serta terasahnya kepekaan siswa dalam menghargai seni dan karya orang lain.

4.      Berkembangnya bakat dan minat baik bidang olah raga, seni dan potensi siswa

5.      Pengalaman untuk mencapai prestasi tertinggi di bidangnya dengan menjunjung tinggi nilai kejujuran.

6.      Terjalinnya persahabatan yang erat, persatuan, dan kesatuan bangsa sesama siswa Indonesia yang berasal dari berbagai karakter dengan tingkat keterampilan dan budaya yang berbeda.


EVALUASI DAN TINDAK LANJUT PROGRAM EKSTRAKURIKULER SMPN 2 JATIKALEN

TAHUN 2023

Mulai awal tahun 2022 kegiatan ekstrakurikuler sudah diperbolehkan tetapi sekolah mulai menata Kembali tata tertib dan kegiatan ekstra sehingga ada pembenahan didalam kbm. Persoalan yang dihadapi dalam proses Pembelajaran dan kegiatan ekstrakulrikuler adalah ada proses rehab di Sebagian Gedung sekolah sehingga pelaksanaan KBM ada 2 sip pagi dan siang

,dan disana sini banyak material yang berserakan sehingga mengantisipasi terjadinya bahaya pada siswa untuk itu sementara waktu kegiatan ekstrakurikuler tidak berjalan secara maksimal, implementasi kegiatan ekstra kurikuler di sekolahpun harus mengikuti adaptasi Kehidupan Baru (AKB).

Sejumlah cara dilakukan sekolah supaya kegiatan ekstra kurikuler tetap berjalan

 Sebagian ekstrakurikuler sudah berjalan dengan lancar seperti hadroh,pramuka ,bolla volley yang terkendala adalah kegiatan drumband terkendala dengan alat banyak yang rusak sehingga membutuhkan penanganan khusus jadi untuk sementara kegiatan drumband di tunda dulu nanti apabila sudah siap akan berjalan lagi seperti yang lalu

                                                KEGIATAN EKSTRA 

                            PRAMUKA   SMP NEGERI 2 JATIKALEN

A.         Latar Belakang Kegiatan

 Fenomena yang tampak pada anak didik sekarang ini adalah adanya kecenderungan perilaku menyimpang. Meskipun banyak pula yang pandai, santun, kreatif dan taat agama. Tetapi fenomena yang berkembang adalah kecenderungan untuk berperilaku menyimpang seperti pemakaian narkoba, pergaulan bebas mapun keterlibatan dalam tindak kejahatan dan kekerasan.

Untuk mengantisipasi atau meminimalkan perkembangan perilaku negative pada anak, banyak sekolah yang mengadakan berbagai kegiatan. Kegiatan yang dimaksud sekolah ini untuk memyalurkan bakat dan minat siswa juga untuk mengarahkan energi siswa pada hal-hal yang positif.

Bentuk kegiatan ekstra beraneka ragam bidangnya. Ada bidang seni Misalnya tarik suara, lukis, rebana, tari, atau seni bela diri.. Ada juga dibidang olah raga seperti basket, volley, sepak bola maupun atletik. Selain kedua bidang itu masih ada kegiatan ekstra lain Misalnya pramuka, PMR, KIR atau paskibraka. Semua kegiatan ekstra itu bertujuan positif yaitu mengembangkan bakat dan minat siswa.

SMPN 2 Jatikalen merupakan salah satu lembaga penyelenggara kegiatan pembelajaran. sebagai penyelenggara pendidikan tentunya segala kegiatanya mengacu pada aktifitas yang bertujuan untuk mengembangkan segala potensi yang ada pada siswa. Untuk mencapai hal itu dilakukanlah kegiatan-kegiatan di SMP, baik kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Maupun dari kedua kegiatan ini hanya satu yaitu untuk mengembangkan potensi pada anak agar lebih dewasa.

Salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan di SMPN 2 Jatikalen adalah kegiatan ekstra pramuka. Ekstra pramuka merupakan ekstra yang sifatnya wajib. Meskipun kegiatan ini hanya bersifat ekstra tetapi banyak hasil positif yang bisa rasakan dari kegiatan ini. Dalam kegiatan kepramukaan banyak aspek yang dikembangkan baik fisik mapun non fisik.

Dengan dasaritu maka sangat besar peranan kegiatan ekstra pramuka dalam mengembangkan potensi siswa. Karena pramuka bukan hanya identik dengan tepuk dan menyanyi tetapi lebih dari itu. Fisik dan mental juga menjadi bagian yang tak terlupakan dalam kegiatan pramuka.

B.          Tujuan Kegiatan

 1.     Secara umum tujuan dari kegiatan pramuka ekstra adalah untuk menampung dan menyalurkan bakat dan minat anak. Baik yang bersifat fisik maupun mental.

2.     Meningkatkan kompetensi (nilai-nilai dan keterampilan) peserta didik yang sejalan dan sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, yang memiliki minat dan ketertarikan sebagai anggota pramuka

3.     Mendidik anak-anak dan pemuda Indonesia dengan prinsip-Prinsip Dasar dan metode kepramukaan yang pelaksanaannya disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan bangsa dan masyarakat Indonesia

C.           Ruang Lingkup Kegiatan

Raung lingkup kegiatan ekstra pramuka mencakup 2 hal yaitu :


1.         Fisik

 Kegiatan fisik yang dikembangkan dalam kegiatan ekstra pramuka dikemas dengan berbagai macam kegiatan seperti PBB, haling rintang, wade game atau penjelajahan, permainan, dan lain sebagainya. Meskipun kegiatan ini sangat melelahkan tetapi selalu dikemas dalam kegiatan yang menyenangkan. Sehingga rasa lelah tidak terasa.

2.         Mental

 Selain kegiatan fisik, aspek mental juga menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kegiatan pramuka. Bentuk kegiatan yang dapat diaplikasikan untuk kegiatan ini antara lain renungan malam, mapun kegiatan salat berjamaah.

D.        Hasil Yang diharapkan

 Kegiatan ekstra mengemban tugas yang mulia dalam mengmbangkan potensi anak didik. Telah dijelaskan tadi bahwa, bukan hanya fisik saja yang dikembangkan tetapi juga mentalnya. Selain itu juga dikembangakn berlatih hidup secara mandiri maupun belajar menghargai orang lain dalam kelompok.Sebagian besar potensi yang ingin dikembangkan tercover dalam Syarat Kecakan Umum. Potensi yang ingin dikembangkan sesuai dengan tingkatan pramuka. Mulai siaga mula, siaga bantu maupun siaga tata. Begitu juga dengan penggalang, baik penggalang ramu, penggalang rakit, penggalang terap. Di Syarat Kecakan Umum sudah tercantum aspek fisik, maupun mental yang harus dikuasai anak berdasarkan tingkat pramuka.Pada muaranya siswa yang mengikuti ekstra pramuka akan memiliki jiwa yang termaktub dalam dwi darma dan dwi satya bagi pramuka siaga dan dasa darma dan tri satya untuk penggalang.

E.          Manfaat Kegiatan

 Kegiatan ekstra pramuka sangat beraneka ragam. Tentunya dari berbagai kegiatan itu memiliki manfaat yang beraneka ragam juga.

Diantara manfaat kegiatan ekstra pramuka antara lain :

1.         Meningkatkan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

2.         Memupuk jiwa kedisiplinan, bertanggung jawab.

3.         Mengembangkan rasa percaya diri dan berani

4.         Memupuk jiwa seni

5.         Meningkatkan rasa cinta pada sesama, lingkungan, tanah air dan bangsa

6.         Menumbuhkembangkan rasa kesetiakawanan social

  KEGIATAN

 A.         Jenis Kegiatan

 Jenis kegiatan yang dimaksud adalah kegiatan ekstra pramuka. Baik pramuka penggalang maupun pramuka siaga. Pramuka Penggalang di SMPN 2 Jatikalen terdiri dari siswa kelas 7 dan Kelas 8 dan 9.

B.          Waktu dan Tempat Kegiatan

 Kegiatan ekstra pramuka siaga dan pramuka penggalang di SMPN 2 Jatikalen. Untuk kegiatan haling rintang atau penjelajahan mengambil tempat lingkungan sekitar SMPN 2 Jatikalen

Kegiatan ekstra pramuka semula dilaksanakan setiap hari juma’at setelah dhuhur atau sekitar jam

14.00 WIB tetapi karena cuaca yang tidak memungkinkan sekarang dilaksanakan setiap hari sabtu setelah pulang sekolah. Hal ini untuk mengantisipasi menurunnya jumlah peserta.

C.           Persiapan dan Rencana Kegiatan

 Kegiatan akan dapat berjalan dengan lancer apabila ada persiapan yang matang. Kadang persiapan sudah direncanakan dengan matang masih ada kendala yang membuat kegiatan berjalan tidak lancer. Oleh karena itu sangat penting kegiatan persiapan untuk dilaksanakan.

Begitu pula dengan kegiatan ekstra pramuka di SMPN 2 Jatikalen. Kegiatan persiapan dan perencanaan yang dilaksanakan meliputi penyiapan alat ayang akan digunakan mapun pembuatan jadwal materi. Selain penyusunan jadwa materi juga disusun jadwal pembinanya.Sebagai evaluasi dari kegiatan penyampaian materi ekstra pramuka adalah diadakanya kegiatan PERSAMI ( Perkemahan Sabtu Minggu ). Kegiatan ini biasanya dilaksanakan mendekati tanggal 14 agustus. Hal ini dimaksudkan untuk memperingati hari pramuka dan evaluasi, sejauhmana siswa menerima materi pramuka dan mengaplikasikannya.

D.         Pelaksanaan Kegiatan

 

Untuk pelaksanaan kegiatan bisa dilihat pada jadwal kegiatan. Untuk kegiatan harian, kegiatanya meliputi :

Kegiatan harian ini bias sewaktu-waktu berubah, tergantung pada situasi saat itu. Misalnya apabila sedang hujan, maka kegiatan upacara pembukaan diganti dengan berdo’a di dalam kelas kemudian dilanjutkan dengan jadwal selanjutnya. Begitu pula untuk upacara penutupan, diganti dengan berdoa bersama-sama.

E.          Kendala dalam Pelaksanaan Kegiatan

 

Setiap kegiatan dalam pelaksanaanya tentu mengalami kendala. Mengingat tujuan yang sangat baik untuk kegiatan ekstra pramuka ini, maka setiap kendala bukan menjadi penghalang dalam pelaksanaan kegiatan ini.

Adapun kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan ekstra pramuka ini adalah :

1.         Cuaca musim hujan

2.         Alat yang masih minim.

3.         Kurangnya semangat siswa dalam mengikuti kegiatan

4.         Lokasi kegiatan yang sempit.

 F.             Solusi yang Dilakukan

 Untuk mengatasi kendala dalam pelaksanaan kegiatan langkah-langkah yang dilakukan adalah :

 1.         Melaksanakan kegiatan di dalam ruangan.

Hujan bukan merupakan kendala. Kegiatan kepramukaan masih bias dilaksanakan di dalam kelas. Hal ini dilakukan dengan cara menyetting kelas agar lebih terbuka.

2.         Menambah alat agar kegiatan lebih bervariasi.

Untuk alat-alat yang harganya relative murah, maka dan pengadaanya bisa dilakukan mandiri atau dari sekolah

3.         Member hadiah setiap kegiatan.

Untuk memacu semangat siswa dalm mengikuti kegiatan, maka setiap akhir kegiatan sering diadakan lomba. Hadiahnya diambil dari uang kas. Ternyata hal ini sangat efektif untuk memacu semangat siswa dalam mengikuti kegiatan pramuka.

 


A.    Simpulan

 

Anak didik mempunyai berbagai macam potensi yang harus digali. Melalui berbagai kegiatan baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler, maka akan dapat diketahui bakat atau potensi yang ada pada anak didik. Setelah diketahui potensinya, maka para pendidik tinggal menyarankan pada anak didik untuk mengikuti kegiatan yang sesuai dengan bakatnya tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 




EKSTRAKURIKULER PRAMUKA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 



PRAMUKA

 


 

 


 

 



 

 

 

LAPORAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BOLLA VOLI

A. Latar Belakang

Kegiatan ekstrakurikuler olahraga adalah kegiatan olahraga yang dilakukan diluar jam tatap muka, dilaksanakan di sekolah atau diluar sekolah untuk memperluas wawasan atau kemampuan, peningkatan dan penerapan nilai pengetahuan dan kemampuan olahraga. Ekstrakurikuler olahraga mulai diajarkan pada sekolah tingkat bawah sampai sekolah tingkat atas. Salah satu kegiatan ekstrkurikuler olahraga di sekolah adalah ekstrakurikuler cabang olahraga bola voli. Cabang olahraga Bola voli merupakan olahraga yang banyak penggemar di kalangan anak-anak, remaja, dan orang tua, baik pria maupun wanita. Hal ini di karenakan bolavoli sangat praktis untuk di lakukan pada tempat yang tidak terlalu luas dan dapat mencakup semua orang untuk melakukannya. Bola voli dilakukan untuk mengisi waktu luang dan rekreasi. Selain untuk rekreasi dan mengisi waktu luang pada dasarnya mereka yang bermain voli berusaha untuk menjadi pemenang dalam setiap pertandingan. Setiap pemain supaya dapat bermain bolavoli dengan baik, maka seorang harus banyak berlatih mempelajari teknik-teknik dasar yang ada dalam permainan bola voli dengan berbagai pola latihan. Penguasaan teknik dasar yang baik memberikan suatu permainan yang menyenangkan dan rasa kepuasan tersendiri. Untuk kalangan pelajar latihan tambahan untuk cabang olahraga voli biasanya diadakanlah ekstrakurikuler bola voli.

Ekstrakurikuler bola voli dilaksanakan untuk menyalurkan hobi minat dan bakat siswa terutama di bidang bola voli. Pelaksanaan ektrakurikuler bola voli di tingkat 2 bawah bertujuan untuk pengenalan siswa terhadap cabang olahraga bola voli sedangkan untuk tingkat atas bukan hanya untuk menyalurkan hobi melainkan lebih mengarah untuk pada prestasi. Ekstrakurkuler bola voli juga dijadikan masing-masing sekolah khususnya tingkat SMP untuk mencari atlet-atlet untuk diikutsertakan dalam kejuaraan antar sekolah. Selanjutnya atlet-atlet yang menonjol dari yang lain akan di seleksi untuk dipilih yang terbaik dan diikut sertakan di kejuaraan yang tingkatnya lebih tinggi seperti tingkat karisidenan dan POPDA tingkat provinsi. Pembinaan bibit-bibit muda harus mulai direncanakan dengan baik untuk tingkat atas khususnya SMP Negeri. Hal ini dikarenakan jika dibandingkan dengan SMP tentu orientasi ke depan berbeda. SMP diorientasikan untuk menyalurkan hobby,

 

 

A.  Tujuan masalah

 

1.       Menciptakan generasi muda yang Tangguh dan berprestasi di bidang olah raga bolla voli

2.       Memfasilitasi kemampuan atau bakat siswa terhadap olahraga bolla voli

3.       Memberikan peluang kepada siswa untuk berkompetisi

 

 

B.    Jadwal Kegiatan


Kegiatan Ekstrakurikuler Bola volly dilaksanakan setiap hari jumat, pukul 14.00 15.00 WIB.

 

 

C.    Rencana kegiatan

Pelaksanaan kegiatan di bagi 2 pa dan pi

Minggu pertama dan ketiga PA dan minggu ke dua dan ke empat PI

Kemudian untuk mencari bakat dan minat siswa dalam kegiatan bola volley diadakan pertandingan antar kelas sehingga tahu prestasi siswa sehingga memudahkan guru untuk memilih siswa yang berprestasi untuk dijadikan team sekolah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



LAPORAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MENJAHIT SMP NEGERI 2 JATIKALEN TAHUN PELAJARAN 2023/ 2024

 

 

BAB I

 

PENDAHULUAN

 

1.1.  Latar Belakang Kebutuhan masyarakat Indonesia yang semakin tinggi terhadap pendidikan yang bermutu menunjukkan bahwa pendidikan telah menjadi salah satu pranata kehidupan yang kuat dan berwibawa, serta memiliki peranan yang sangat setrategis dalam pembangunan peradaban bangsa Indonesia. Disisi lain pendidikan juga memberikan sumbangan nyata terhadap pertumbuhan ekonomi melalui penyediaan tenaga kerja berpengetahuan , menguasai teknologi dan mempunyai keahlian atau keterampilan. Siswa tidak hanya cukup dengan bekal ilmu pengetahuan saja, namun juga dibutuhkan keterampilan yang dapat mereka kembangkan setelah selesai menempuh pendidikan. Oleh karena itu kami mengadakan ekstrakurikuler menjahit agar dapat membekali siswa dengan keterampilan yang dapat mereka terapkan apabila tidak bisa melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.

1.2.Rumusan Masalah

 

 

Di lingkungan sekolah dengan pendapatan orang tua menengah ke bawah, tidak jarang anak yang telah selesai menempuh pendidikan di tingkat SMP tidak melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Oleh karena itu, kami mengadakan kegiatan ekstrakurikuler menjahit agar siswa dapat mempunyai keterampilan menjahit busana. Dalam era globalisasi, sumber daya manusia yang berkualitas sangat diperlukan. Upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia tersebut, tentunya tidak lepas dari proses pendidikan. Berdasarkan hal tersebut melalui program ini membentuk ekstrakulikuler menjahit yang diperuntukan bagi siswa maupun siswi baik kelas 7, 8, dan 9.

1.3.  Tujuan dari kegiatan ini adalah:

1.  Membekali siswa dengan keterampilan menjahit 

2.  Menyedikan fasilitas dalam kelansungan kegiatan ekstrakurikuler menjahit

 3.  Menyiapkan anak supaya bisa mandiri

 4.  mewadahi anak-anak yang mempunyai hobby menjahit

 5.     peserta didik dapat meningkatkan pendapatannya yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan keluarga. Selain itu, ekstrakurikuler menjahit dengan mengikuti kegiatan-kegiatan menjahit ini maka seseorang dapat mengembangkan kepribadian, dapat mengembangkan bakat, dan minat yang mereka miliki. Program ekstrakurikuler juga dapat membiasakan siswa terampil, mengorganisir, mengelola, menambah wawasan, memecahkan masalah, sesuai karakteristik ekstrakurikuler yang digelutinya.

BAB II

 

MATERI KEGIATAN MATERI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MENJAHIT SMP NEGERI 2 JATIKALEN

Komponen Ekstra kurikuler menjahit Indikator

 2.1  Merencanakan program kegiatan menjahit

a.  Memiliki program kegiatan menjahit

b. Membuat jadwal latihan

2.2  Mempromosikan ekstra kurikuler menjahit kepada siswa

-. Memiliki daftar siswa yang berminat mengikuti kegiatan menjahit

2.3  Menginventarisir peralatan menjahit

a.  Memiliki daftar pembina

b. Memiliki daftar hadir pembina kegiatan menjahit

2.4  Menyelenggarakan latihan menjahit

 a.  Memiliki rencana anggaran belanja peralatan menjahit

b.  Memiliki daftar inventaris peralatan menjahit

2.5  Membimbing siswa dalam praktek penjahit

1. Memiliki dokumen

 Demikian rangkaian kegiatan ektrakurikuler menjahit dengan harapan peserta didik yang mempunyai kemampuan dalam bidang menjahit bisa memperdalam ilmunya dan bermanfaat bagi diri peserta didik

 

 3


KEGIATAN EKSTRA MENJAHIT SMPN 2 JATIKALEN


 

 

 PENDAHULUAN

Palang Merah Remaja (PMR)adalah wadah kegiatan remaja di sekolah atau lembaga pendidikan normal dalam kepalangmerahanmelalui program kegiatan ekstra kurikuler Anggota PMR:

Text Box: •	PMR MULA setingkat SD
•	PMR MADYA setingkat SMP
•	PMR WIRAsetingkat SMA

 

Syarat menjadi Anggota PMR:

Text Box: •	WNI atau WNA yang berdomisili di Indonesia
•	Berusia 7-20 tahun dan belum menikah
•	Berpendidikan setingkat SD, SLTP dan SLTA
•	Bersedia mengikuti pelatihan dan pendidikan dasar kepalangmerahan
•	Mendapat persetujuan orang tua/wali

 

Kegiatan PMR:

Text Box: •	Pengumpulan bantuan di sekolah untuk korban bencana
•	Bakti sosial dengan kunjungan ke rumah sakit atau panti jompo/panti asuhan untuk perawatan keluarga, gerakan kebersihan lingkungan, dsb
•	Mengikuti gerakan kakek/nenek angkatasuh
•	Mengikuti pelatihan remaja sebaya di bidang kesehatan remaja dan HIV/AIDS
•	Donor darah siswa
•	Seni (majalah dinding, lomba-lomba)
•	Program persahabatan remaja palang merah regional/internasional
•	Jumbara (Jumpa Bakti Gembira) PMR

 

 

Untuk Mendaftar sebagai anggota PMR, dapat menghubungi paihak sekolah masing-masing.

 

 

Ruang lingkup kegiatan PMR dikenal dengan nama Tri Bakti Remaja yang mengandung arti

Text Box: •	Berbakti kepada masyarakat(seperti mengadakan kunjungan berkala ke panti jompo, menjadi donor darah
•	Mempertinggi keterampilan serta memelihara kebersihan dan kesehatan(misalnya, mempraktikkan kebersihan dan kesehatan di lingkungan sekitar
•	Mempererat persahabatan nasional dan internasional(contohnya, melakukan latihan gabungan PMR dengan kelompok PMR lain, saling bertukar album persahabatan)

 

TUJUAN

membangun dan mengembangkan karakter Kepalangmerahan agar siap menjadi Relawan PMI pada masa depan.


PMR

 


 

 


 

 



PMR

 


 

 


 

 



EKSTRA HADROH BAB I

 

PENDAHULUAN

 

 

 

1.1     Latar Belakang

 

Dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional bahwa pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban manusia. Sehubungan dengan hal tersebut, terdapat salah satu mata pelajaran yaitu Seni Budaya dan Keterampilan yang sangat diperlukan karena didalamnya terdapat penanaman akan nilai edukasi dan estetika yang berakar pada tradisi seni budaya. Salah satu tujuan Seni Budaya dan Keterampilan adalah menggali kemampuan, bakat dan minat siswa dalam berolah seni dan rasa, baik rasa musikal, peran, gerak maupun rupa. Karena tidak seimbangnya kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa dengan alokasi waktu yang tersedia, maka diperlukan waktu ekstra diluar jam pelajaran sebagai sarana pengembangan dari kemampuan yang harus dimiliki. Dalam rangka pengembangan kemampuan dan menggali potensi siswa dalam mengolah rasa, maka SMPN 2 Jatikalen perlu mengadakan kegiatan ekstrakurikuler salah satu cabang seni hadroh.

 

1.2     Tujuan Kegiatan

 1.2.1              Memperhalus rasa yang ada pada siswa agar mampu mengapresiasi dan mengekspresikan nilai-nilai seni yang ada pada dirinya melalui hadroh.

 1.2.2              Sebagai pengembangan kegiatan ekstrakurikuler seni hadroh

 1.2.3              Mengenalkan dan menanamkan rasa cinta siswa terhadap seni hadroh

 1.2.4              Sebagai sarana dan wadah untuk menggali ekspresi, potensi bakat dan minat siswa dalam berolah seni.

 Sasaran Kegiatan

 Yang menjadi sasaran kegiatan ektrakurikuler seni hadroh ini adalah siswa kelas VII dan VIII SMPN 2 Jatikalen yang berminat untuk mengembangkan potensi seni hadroh yang dimilikinya. Selain siswa juga guru yang memiliki potensi dalam bidang seni hadroh dikontribusikan untuk kemajuan pendidikan seni hadroh ditempatnya bertugas.

 1.3     Waktu dan Tempat Kegiatan

 1.3.1           Waktu latihan

 Dilaksanakan setiap hari Rabu pukul 14.00-16.00 WIB dan Jum’at pukul 13.30-15.30 WIB.

 1.3.2.    Tempat kegiatan

 Musholla Al IKHLAS SMPN 2 Jatikalen

BAB II. PROGRAM KEGIAT

  2.1     Agenda Kegiatan

 Ekstrakulikuler seni hadroh SMPN 2 Jatikalen ini dipilih karena merupakan seni musik yang bernuansa islami. Kami memilih seni hadroh sebagai kegiatan ekstrakurikuler karena dapat menambah pengetahuan dan wawasan baru tentang syair-syair islam. Hal ini menjadi sangat penting dalam menanamkan kecintaan siswa terhadap budaya daerahnya. Siswa-siswi SMPN 2 Jatikalen cukup antusias mengikuti kegiatan ini karena dapat berekspresi dan bernyanyi bersama melantunkan syair-syair islami.

 

Adapun program latihan seni tari yang akan diberikan yaitu:

 1.    Teknik dasar hadrah

2.    Teknik dasar menyanyi

3.    Gerakan dasar tangan

4.    Kombinasi alunan music hadrah dengan suara nyanyian

 2.2     Pelatih

 Pelatih ekstrakurikuler seni hadroh yaitu guru SMPN 2 Jatikalen yang menjadi pembimbing ekstrakulikuler tersebut.

 2.3     Target Pencapaian

 Target   pencapaian   yaitu   mengisi   berbagai   pentas   dan   mengikuti berbagai perlombaan hadrah yang diadakan antar sekolah sekabupaten Nganjuk

 Demikian gambaran umum mengenai program kerja kegiatan ekstrakurikuler kesenian di SMPN 2 Jatikalen. Semoga kegiatan ini memberikan manfaat dan kontribusi yang baik untuk para siswa SMPN 2 Jatikalen

 

Foto2 hadroh




 PROGRAM DRUMBAND SMPN 2 JATIKALEN TAHUN PELAJARAN 2023-2024

  A.  Latar Belakang

Program ekstrakurikuler drumband berdiri di SMP Negeri 2 Jatikalen.

sejak tahun 2017 karena terhalang oleh pandemic covid tahun 2019 maka kegiatan ekstra drumband berhenti baru kita buka lagi kegiatan drumband tahun 2024 ini yang di prakarsai oleh salah satu Ibu guru

SMP Negeri 2 Jatikalen. Melihat dari perkembangan siswa siswi yang masuk dan di terima di sekolah SMP Negeri 2 Jatikalen. yang mempunyai bakat dalam memainkan alat-alat drum band sebelumnya.

Adapun manfaat ekstrakurikuler drumband bagi siswa adalah.

1.  Menyalurkan bakat siswa siswi yang mempunyai keahlian dalam menggunakan alat Drum Band.

2.  Meningkatkan rasa persatuan dan Kesatuan pada diri siswa.

3.  Memupuk rasa tanggungjawab pada setiap diri siswa.

4.  Menanamkan sikap mau menghargai hasil perjuangan para pahlawan bangsa.

  B.  Tujuan

1.  Siswa Mampu mengiringi dalam kegiatan upacara atau prosesi penting lainya.

2.  Siswa mampu menampilkan lagu-lagu wajib atau perjuangan dalam kegiatan upacara bendera.

3.  Memupuk rasa tanggungjawab pada setiap diri siswa..

4.  Menanamkan sikap mau menghargai hasil perjuangan para pahlawan bangsa.

5.  Membekali keterampilan siswa dalam menempuh masa depan.

 

C.  Sasaran

Sasaran ekstra kurikuler drumband adalah siswa kelas 7 dan 8 baik yang sudah menguasai

maupun yang belum menguasai alat sama sekali, dengan sasaran prestasi mampu tampil dalam event-event penting dan mengikuti kejuaraan Drum Band yang ada.

D.  Strategi Mencapai Tujuan dan Sasaran

1.  Merekrut siswa-siswi sebanyak-banyaknya untuk menjadi anggota.

2.  Meningkatkan kedisiplinan berlatih dan bertugas.

3.  Mendatangkan pelatih yang profesional.

4.  Menambah peralatan untuk melengkapi alat-alat yang sudah ada.

5.  Mengikuti beberapa kegiatan perlombaan yang ada.

E.  Program Latihan

1.  Pengenalan beberapa nada dasar.

2.  Pengenalan penggunaan alat-alat Korsik.

3.  Teknik penggunaan alat-alat tiup.

4.  Tekhnik penggunaan alat-alat snar drum.

5.  Teknik penggunaan alat-alat Pukul(bass).

6.  Teknik penggunaan alat-alat pukul marchingbell.

7.  Pelatihan iringan upacara.


8.  Pelatihan lagu-lagu dalam upacara bendera.

9.  Pelatihan lagu-lagu wajib dalam upacara bendera..

10.  Pelatihan lagu-lagu mengheningkan cipta dalam upacara bendera.

11.  Pelatihan lagu-lagu andika-bayangkari dalam upacara bendera

12.  Pelatihan lagu-lagu perjuangan dalam iringan upacara bendera.

13.  Pelatihan lagu-lagu daerah ataupun lagu masakini

D. Laporan Eskul Drumband Periode 2023/2024

1.  Anggota Drumband Seluruhnya : +/- 40 Orang terdiri dari kelas 7 dan 8 Anggota yang aktif : 40 Orang dari kelas 7 dan 8

Note : Bila ada Kegiatan Besar seluruh peserta di ikutkan dengan latihan rutin.

 2.  Kegiatan

a.  Latihan dilaksanakan pada hari Rabu jam 13.00 -15.00 WIB

b.  Latihan dilakukan rutin menjelang penampilan dalam kegiatan besar yang diikuti oleh seluruh anggota drumband.

 3.  Hasil Kegiatan

a.  Memberikan materi musik dan lagu wajib nasional,daerah dan lagu hiburan :

1.  Indonesia Raya

2.  Mengheningkan Cipta

3.  Berkibarlah benderaku

4.  Sang surya

5.  Bukan Bang Toyib

6.  Cabe ( Cari Berkah )

 

 

 


 





 




 

               

 

 

 

 

 

 





 

 


Posting Komentar untuk "KEGIATAN EKSTRAKURIKULER"